Translate

Terimalah Ajian Tepuk Tiga Kali Ini, Hidup dan Mati Kalian Ada Ditanganku, Ha ha ha....



Plok...plok...plok...!

Dahulu ketika jaman para pendekar sakti masih berkuasa, banyak yang merapalkan kesaktian dengan menjejakkan kaki ke Bumi sebanyak 3 kali dan WUUSSHH... semua musuh pun jatuh terkapar. Lalu ada lagi yang membutuhkan bantuan dari jarak jauh dari sang pelindung, maka sang pelindung berujar sambil bersenandung “Sebut namaku tiga kali, maka aku akan datang.” Sayangnya sang pelindung akhirnya tak pernah datang karena sang angkara murka menyumpal mulut sang korban.

Sekarang pun ajian itu masih dipakai oleh kita semua yang menginginkan menjadi kuat perkasa yaitu dengan makan makanan yang sehat sehari 3 kali, sarapan, makan siang dan makan malam. Jika Sobat sakit pun maka dokter atau apoteker juga mengeluarkan jurus andalan mereka yaitu 3x1 kapsul.

Bukan itu saja, pada kebanyakan kejuaraan atau lomba juga hanya mengakui juara 1, juara 2 dan juara 3 karena selain ketiga juara maka lainnya sekedar berharap menjadi harapan.

Nah aku juga mau kasih Sobat sebuah ajian pamungkas dengan tepuk sebanyak 3 kali maka apa pun bisa hidup atau mati sesuai kehendak kita dan atas ijin atau kehendak Yang Maha Kuasa tentunya. Sobat tidak perlu puasa atau mutih selama 3 hari atau mandi kembang 3 rupa atau di 3 sumur atau danau. Sobat juga tidak usah repot mencari tumbal 3 ekor hewan yang hidup di 3 tempat darat, laut dan udara. Yang sobat butuhkan adalah 3K yaitu kemauan, kemampuan dan kesungguhan serta modal untuk beli komponen sekitar 30 ribuan.

Tapi harap Sobat tidak memaksa memberi penulis 3 juta atau lebih karena penulis akan berkata: “Sobat tidak perlu memaksa hingga tiga kali karena pasti diterima, he he he....”

Maaf sedikit berkelakar agar hidup kita tetap sehat dan bahagia, bukankah untuk pencapaian standar kesehatan dan kebahagiaan hidup itu ditandai dengan 3 komponen yaitu sehat jasmani, sehat rohani dan sehat materi?

Ajian tepuk 3 kali ini dapat digunakan dengan tepuk tangan atau lainnya selama menghasilkan bunyi. Pembantaian nyamuk dengan menggunakan tepukan juga bisa dianggap. Bahkan teriakan juga bisa selama mengandung jurus 3 tepukan.

Ayo kita mulai merapal ajian tepuk 3 kali dengan membuat terlebih dahulu senjata pamungkas yang terdiri dari 3 bagian yaitu bagian input, bagian pemroses dan bagian output. Kita akan memanfaat masukan komparator AT89C2051 yaitu Port 1.0 (AIN0) yaitu masukan positif dan Port 1.1 (AIN1) yaitu masukan negatif. Masukan positif AIN0 dihubungkan pada sebuah penguat mikropon. Masukan negatif AIN1 dihubungkan pada trimpot atau potensiometer dengan tegangan dapat diatur sesuai dengan kepekaan penguat. Secara internal hasil perbandingan antara AIN0 dan AIN1 akan ditunjukkan oleh Port 3.6.


Penguat mikropon 1 tingkat dengan C9013, keluarannya disearahkan oleh D1 dan D2 untuk kemudian diumpankan ke AIN0. Pada keadaan hening, tegangan masukan AIN0 akan mendekati 0 volt (GND). Sementara AIN1 yang terhubung ke R4 diatur agar lebih tinggi sehingga keluaran internal Port 3.6 menjadi rendah.

Sebuah tepuk tangan akan ditangkap oleh MC1 kemudian dikuatkan Q1 dan amplitudo yang dihasilkan disearahkan untuk mengisi C3. Tegangan C3 akan naik sesuai kekuatan sinyal masukan. Tegangan ini kemudian akan dibandingkan dengan tegangan yang dibentuk oleh R4, jika lebih besar maka Port 3.6 akan menjadi rendah.

Perubahan pada Port 3.6 inilah yang penulis manfaatkan untuk menghitung banyaknya jumlah tepukan. Jumlah tepukan yang akan diakui berjumlah 3 tepukan dalam kurun waktu 1 detik. Jadi tepuk tangan riuh selama tidak berjumlah 3 tepukan dalam 1 detik tidak akan mempengaruhi hasil keluaran senjata pamungkas kita.

Tinggi rendahnya penetapan tegangan oleh R4 menentukan kepekaan masukan. Namun untuk kepekaan yang lebih juga dapat menambahkan atau mengganti penguat mikropon menjadi 2 tingkat atau lebih. Pada simulasi, penulis membuat dengan menyisipkan 1 tingkat lagi setelah mikropon C1 dan basis Q1 dengan menambahkan rangkaian serupa dengan R2, R3, Q1 dan C2. Sobat bisa merasakan sensasi penguatan yang patut pula dicoba.

Nah setelah senjata pamungkas di atas sudah dibuatkan oleh sang empunya elektronik alias Sobat sendiri yang menjadi empunya, maka selanjutnya harus merapalkan matera berikut ini yang jika dikompilasi akan menjadi 3 file dengan masing-masing berekstensi 3 huruf yaitu ASM, LST dan HEX. Manteranya sederhana dan tidak panjang jadi Sobat pasti mudah menghapalnya.

Mantera pertama kali mengkaji kondisi tenaga dalam Port 3.6, jika masih rendah maka akan ditunggu sampai menjadi tinggi. Penulis menyebut tenaga dalam karena memang gerbang ini tidak ada pada pena I/O AT89C2051 dan hanya ada pada internalnya saja.

Jika Port 3.6 ini menjadi tinggi, maka mantera perlu menyiapkan beberapa persyaratan berupa mengosongkan isi akumulator dan pengisian register R5, R6 dan R7 untuk memberikan waktu tunggu selama 1 detik.

$mod51

org   0

Mulai:
      jnb   p3.6, $
      mov   a, #0
      mov   r5, #4
Hit1: mov   r6, #225
Hit2: mov   r7, #255

Selanjutnya mantera akan menunggu sampai Port 3.6 kembali menjadi rendah sambil terus menghitung mundur waktu yang diberikan. Setelah Port 3.6 kembali rendah mantera akan menuju Tepuk2 untuk menghitung sebagai sebuah tepukan.

Tepuk1:
      jnb   p3.6, Tepuk2
      djnz  r7, Tepuk1
      djnz  r6, Hit2
      djnz  r5, Hit1
      ajmp  Tepukan

Hit3: mov   r6, #225
Hit4: mov   r7, #255

Tepuk2:
      inc   a

Setelah tepukan dihitung kemudian sambil terus menghitung mundur maka mantera kembali mengkaji ulang Port 3.6 sampai berubah menjadi tinggi untuk menuju Tepuk1.

Tepuk3:
      jb    p3.6, Tepuk1
      djnz  r7, Tepuk3
      djnz  r6, Hit4
      djnz  r5, Hit3

Sekali mantera mendapati perubahan P3.6 maka pencacah akan dimulai untuk menghitung mundur selama 1 detik. Pada akhir cacahan di mana tenaga dalam R5 habis maka jumlah hitungan akumulator akan diperiksa jumlahnya. Jika berjumlah 3 maka akan menyebabkan keluaran pada Port 3.7 berubah kondisi, jika tinggi menjadi rendah atau sebaliknya jika rendah menjadi tinggi.

Tepukan:
      cjne  a, #3, Mulai
      cpl   p3.7
      ajmp  Mulai
end

Sobat bisa memanfaatkan keluaran relay K1 untuk apa saja. Untuk lampu atau lainnya. Sobat akan melihat tidak saja perangkat di atas bisa bermanfaat tapi bisa menjadi ajang permainan oleh pendekar muda (putera dan puteri Sobat) yang iseng dengan jurus-jurus tepuk tangan mereka yang lucu.
                      


Udah ya, makasih udah baca postingan aku. Semoga bisa bermanfaat, sukur-sukur bisa diterapkan oleh sobat semua.

Salam....